The Peak – Hongkong

Menyambung post sebelumnya yaitu Ocean Park – Hongkong , hari ini saya akan share destinasi wisata terkenal lainnya di Hongkong. Yupp… demi melengkapi target “Must to go to this place” versi summer solo trip saya di bulan Agustus 2017, maka sekitar jam 7 pagi saya sudah siap-siap melangkahkan kaki keluar dari hostel tempat saya menginap.
Sebenarnya tahun 2013, saya sudah pernah berkunjung ke THE PEAK HONGKONG, tapi kurang puas karena saat itu kita ikut tour, jadi waktu terbatas untuk mengelilingi tempat ini. Thanks God karena saya diberikan kesempatan untuk kembali ke Hongkong dan mengunjungi THE PEAK HONGKONG ala backpacker 🙂 GRATEFUL !

THE PEAK HONGKONG

Address : 33 Garden road, Central, Hongkong
Tel : (852) 2522 0922 ; Fax : (852) 2849 6237
Website : http://www.thepeak.com.hk
Operation hours : 7 am – 12 midnight daily

TICKETS

Ada beberapa pilihan dan paket yang disediakan baik beli on the spot atau web travel seperti Traveloka dan Klook, Let’s check!
1. Web resmi ( http://www.thepeak.com.hk )
The Peak Tram

tiket

Sky Terrace 428

Untitled

Madame Tussauds Hongkong ( https://www.madametussauds.com/hong-kong/en/tickets-offers/ )

1.jpg

2. Golden Crown
Seperti yang sudah pernah saya ceritakan di post sebelumnya, saya pasti cek harga tiket tempat wisata di Golden Crown 🙂 karena bisa jadi lebih murah loh… please check this web : http://www.goldencrownhk.com/hotels_hong_kong/thepeak

2

3.  Klook
Klook menyediakan banyak paket, silaka dipilih sesuai waktu dan kebutuhan kalian. Di Klook juga disediakan paket “Join in Group Tour” so  you will be met by a guide at Central MTR Station exit K who will walk you to The Peak Tram Terminus. You’ve chosen when booking meet up times : 11.00 am, 12.00 pm, 02.00 pm, etc. So easy… gak perlu repot-repot cari jalan kan… hehehe.. baca syarat-syarat di ‘meet up details’ dan jangan telat yah…
Lalu enaknya beli tiket di Klook adalah saat akan naik tram, kita difasilitasin untuk skip antrian ! karena biasanya saat naik pasti antri panjang… sedangkan saat turun kembali antriannya tidak sepanjang saat naik 🙂
Please check their website : https://www.klook.com/
#mynote: Saat itu saya sempat check  : Tram round + sky terrace 428 = HKD 95 ( Selisih HKD 5 bila dibandingkan dengan beli tiket on the spot, dengan fasilitas Klook yang saya sebutkan diatas, menurut saya harga tersebut sangat worth it )
4. Traveloka
Mungkin saat saya cek… Traveloka lagi ada promo yah… hahaha.. saat itu saya dapat harga Rp. 135.722,-  (Round trip + sky terrace 428 ) Wow… 🙂 Please check : https://www.traveloka.com

Mungkin ada yang bingung…. beli satu tiket wahana aja pake bandingin banyak tempat !!?? Tohh.. selisih nya juga gak seberapa ‘ngefek’ alias dikit.. ribet amattt….hahaha… !!!? @_@
#myanswersis… makluuummm budget travel.. semua harus dipertimbangkan dari segi waktu, kondisi, fasilitas yang didapat dan harga pastinya… hehehe… dari kita bandingin harga, kita bisa tau loh info web yang promo.. yang ujung-ujungnya bisa saya share di sini.. ya khann 🙂
Jadi saya pilihbeli tiket dimana ? Saat itu saya pilih beli tiket on the spot !
Why ?
1) karena saya tidak mau masuk Madame Tussauds ( sudah pernah di trip 2013 )
2) saat itu saya tidak bisa menentukan jam dan hari yang pasti saat saya bertemu guide Klook (karena saya mau jalan santai alias tidak diburu oleh waktu )
3) pertimbangan cuaca ( saat itu cuaca Hongkong tiba-tiba bisa hujan lalu panas banget, kalau hujan saya gak bisa menikmati Sky Terrace 428 dengan leluasa donk.. #gakmaurugi hohoho.. )

DON’T BE CONFUSED

The Peak Tram Lower Terminus
IMG_0983
Tempat beli tiket tram + sky terrace 428 + madame tussauds. (Single and return peak tram ticket is also available ).  Letaknya di Garden road. Tempat naik dan turunnya tram 🙂
The Peak Tram
IMG_1008
Getting to The Peak Tower by The Peak Tram is an unforgettable experience. The Peak Tram, one of the world’s oldest and most famous funicular railways, rises to 396 metres (about 1.300 feet) above sea levels. So amazing! Whether you’re going up or coming down, you will love this trip!
Antrian saat akan naik tram bisa jadi panjang banget, jadi lebih baik kalian datang sekitar jam 11 siang dan hari biasa yah.. Lama perjalanan dengan tram ini sekitar 10-15 menit. Usahakan untuk ambil posisi duduk di sebelah kanan karena akan terlihat pemandangan yang keren menakjubkan!
The Peak Tower

IMG_1004

Bangunan utama yang akan kita kunjungin di area The Peak 🙂 Inside The Peak Tower, there is a dazzling array of restaurants, shops, entertainment venues and the highest 360º viewing terrace set against the beautiful backdrop of the city.
Sky Terrace 428

IMG_2578

The highest 360º viewing terrace in Hongkong. Roof top dari The Peak Tower. Opening hours : 10 am – 11 pm ( Mon-fri ) and 8 am – 11 pm ( Sat, Sun & public holidays). Jika ke sini saat malam hari atau sekitar bulan desember-januari, jangan lupa bawa jaket karena hembusan angin cukup terasa.
Madame Tussauds Hongkong

IMG_1001

Tempat nya para tokoh dunia dan artis berkumpul! hehehe… Kalian dapat berfoto dengan patung lilin yang dibuat semirip aslinya di Madame Tussauds Hongkong dan koleksinya semakin bertambah loh…  “the queen of polka dots”, renowned Japanese artist Yayoi Kusama’s artistic themed zone will launch at Madame Tussauds HongKong on 3 November 2016
More update info : https://www.madametussauds.com/hong-kong/en/latest-news/whats-new/one-direction-unveiled/
Peak Market

IMG_0993.JPG

Berada di The Peak Tower level P1. Kalian bisa mencari souvenir atau barang-barang khas The Peak Hongkong di tempat shopping ini. Tempat ini tidak seberapa besar dan barang yang dijual kurang lebih sama seperti Ladies Market. Bedanya disini harga nya pas yah.. gak ada proses bargain  🙂

HOW TO GET THE PEAK ?

The best way to The Peak is by The Peak Tram taken at The Peak Tram Lower Terminus. You can reach The Peak Tram Lower Terminus :
  • On foot, Exit from MTR Central Station J2, or walk acrooss the Hongkong Park from Admiralty ( takes approx. 10 minute )
  • By bus 15 c in Central ( Near Star Ferry Pier 8 )
  • By taxi
Pilihan saya untuk ke The Peak Tram Lower Terminus adalah dengan bus !

MY EXPERIENCE

Yuppp… saya keluar dari hostel tempat saya menginap di daerah Tsim Sha Tsui ( TST, Kowloon ) sekitar jam 7 pagi… Sebenarnya bisa saja naik MTR TST lalu turun di MTR Central dan lanjut jalan. Tapi kali ini saya akan mencoba untuk naik kapal ferry yang menghubungkan antara Kowloon dan Hongkong island.
Pertama yang saya lakukan adalah isi perut dulu 🙂 hehehe… mampir ke 7eleven untuk beli sarapan pagi ala backpacker yaitu… nasi kepal ( HKD 13.9 ) dan menikmati suasana pagi di sekitar Clock Tower. Sesekali terdengar alunan musik mandarin yang mengiringi oma opa berolahraga atau melakukan gerakan senam 😉

IMG_0927.JPG   IMG_2418

Setelah perut terisi, maka saya meneruskan perjalanan saya ke arah Star Ferry Terminal. Letak Star Ferry Terminal di sekitar Clock Tower. Kalian tidak akan tersesat karena petunjuk arah nya jelas menunjukkan ke arah pintu masuk nya. Sesampai di pintu masuk, ada 2 arah yang harus dipilih yaitu sebelah kanan ke Central dan sebelah kiri ke Wan Chai.

IMG_0949

Karena mau ke The Peak, maka pilihlah arah sebelah kanan yaitu ke Central dan ketemu nih stand kopi terkenal di Jepang 🙂 %ΔRΔBICΔ , karena masih pagi maka tidak terlihat antrian.. tapi kalau sudah menjelang siang bisa antri panjang…  karena memang kopi ini terkenal enak >_<
Untuk naik ferry nya kalian bisa tap octopus ( HKD 3 ) atau bisa juga beli token on the spot. Saat nya menunggu kapal ferry merapat sambil menikmati kopi panas di pagi hari 🙂
Saatnya masuk ke kapal ferry. Penyeberangan ini memakan waktu +/- 10 menit sebelum akhirnya tiba di Central Pier dan kita sudah menginjakkan kaki di Hongkong Island. Saat sudah tiba, kita akan disambut oleh Hongkong Observation Wheel aka ferris wheel dan gedung IFC.
Cari halte bus 15 C di sekitar pier 8 ( di depan patung hiu ). Jam operasi bus nya adalah 10.00 – 23.40. Bus ini direct to Garden road Peak Tram Station alias The Peak Tram Lower Terminus. Biaya nya HKD 4.2 siapkan uang pas bila kalian tidak punya Octopus Card. Tepat jam 10.00 bus siap untuk membawa para penumpang. Suasana di dalam bus nya nyaman, bersih dan ber AC pastinya.
Saya sibuk memperhatikan kehebatan si supir bus dalam ‘memainkan stir bus’ sehingga walau jalannya cukup sempit, menanjak dan banyak belokan, kurang lebih 10-15 menit mulus mendarat di depan The Peak Tram Lower Terminus. Setelah membeli tiket on the spot ( Round trip The Peak + Sky Terrace 428 = HKD 90 ), saya ikut antri bersama pengunjung yang lain untuk naik tram menuju The Peak Tower. Saat itu antrian tidak terlalu panjang karena masih pagi ( jam 10.30 an saya sampai ) dan saya mendapat tempat duduk dekat jendela di sebelah kanan 🙂 dan pemandangannya benar-benar menakjubkan!
Sebenarnya selain naik tram untuk menuju ke The Peak Tower, kalian bisa memilih naik bus dari MTR Central tentu dengan biaya yang lebih murah. Tapi menurut saya, tidak ada salah nya sekali-kali mencoba naik tram. Rasakan keseruannya baik saat naik ataupun turun. Setelah tram berhenti, kita kan di sambut oleh Peak Market yang menjual souvenir dan barang-barang unik lainnya. Tujuan utama saya adalah Sky Terrace 428. Saya langsung bergegas ke lantai paling atas dan vioollaaa… tercapailah misi hari ini yaitu menikmati Hongkong dari puncak tertinggi.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Pemandangan nya bagus banget.. next time saya akan mencoba datang ke Sky Terrace 428 di waktu malam, seharusnya jauh lebih bagus karena semua lampu gedung akan menyala. Selain itu sama hal nya seperti di N Seoul Tower-Korea Selatan, kalian bisa mengabadikan ‘jejak saya sudah sampai di sini’, hanya bedanya kalau di N Seoul Tower dengan gembok cinta… kalau di The Peak dengan tulisan kertas The Peak I LOVE YOU 🙂 hahahaha…
Setelah puas menikmati Hongkong dari puncak tertinggi, saya berkeliling The Peak Tower. Selain Peak Market yang menjual souvenir, kalian juga bisa menikmati stand makanan dan minuman seperti Burger King, Bubba Gump, Pacific Coffee, dll.
Oh ya.. waktu itu saya tidak masuk ke Madame Tussauds Hongkong karena sudah pernah berkunjung di liburan tahun 2013. Kurang lebih ini foto-foto di dalam Madame Tussauds Hongkong. Walau sekarang ada beberapa tambahan patung lilin figure baru seperti Yayoi Kusama. dll
Alasan lain nya untuk tidak masuk ke Madame Tussauds saat itu adalah tidak ada yang MOTOIN! masa mau selfie terus, masa mau minta tolong orang terus buat motoin saya, masa mau ngerepotin orang terus, masa ribet cari tempat buat meletakan kamera, setting kamera, blablabla… hahahaha.. itulah minus nya bila solo traveler… wkwkwkkw…
Well.. setelah puas menikmati The Peak Tower, jam 3 sore saya memutuskan untuk kembali turun ke The Peak Tram Lower Terminus dengan menggunakan ticket return tram. Antrian turun tidak sepanjang saat naik, malah cenderung sepi dan tentu saya mendapat tempat duduk di sebelah kanan lagi… yeahhh.. Posisi duduk saya tetap menghadap ke depan tapi kereta berjalan mundur/turun… kalian harus merasakan sensasi ‘ditarik mundur’ oleh tram ini..
Sampailah saya kembali ke The Peak Tram Lower Terminus dan melihat antrian pengunjung untuk naik tram menuju The Peak Tower, benarlah kata blog yang saya baca.. semakin menjelang sore antrian tram ke The Peak Tower semakin mengekor… huaaa…. hahaha…
Setelah itu saya menelusuri jalan ke MTR Central sesuai dengan petunjuk jalan. Benar-benar jelas petunjuk jalan di Hongkong, jadi bagi yang pertama kali ke Hongkong tidak perlu bingung. Kalaupun tidak ketemu tempat yang dituju, asal ada HP di tangan + powerbank + open google map + tanya2 dikit dengan warga lokal.. pastilah sampai ke tempat tujuan.

LET’S GO TRAVEL !

“Pergilah melihat dunia karena dengan cara itulah kita baru bisa mensyukuri negeri sendiri ” – Claudia Kaunang

2 Comments Add yours

Tinggalkan komentar